Rabu, 25 Februari 2009

LAMARAN RAJA KEPADA PUTRI CANTIK

Seorang raja melamar seorang puteri yang sangat cantik.

Puteri tersebut menerima lamaran dengan syarat:

Raja harus membuatkan rumah sederhana yang memiliki ketinggian
sehelai kertas setebal kuku jari sang puteri yang dilipat sebanyak 40 kali.

Raja dengan tertawa terbahak-bahak menyanggupi permintaan puteri tersebut, kemudian
memerintahkan ahli bangunan untuk segera membuat rumah tersebut.

Pertanyaan: Dapatkah raja mempersunting puteri cantik tsb?

15 komentar:

  1. wah, hebat pak rus sudah punya blog,... selamat pak rus,....

    BalasHapus
  2. sang putri dapat dipersunting raja setelah sang raja menggambar rumah. Kan sejak awal sang putri tidak memberikan persyaratan apakah rumah tersebut dapat dimasuki mereka berdua atau tidak, jadi dengan digambar aja.....

    BalasHapus
  3. tidak, karena ukuran jari misalkan 0,5 mm, dilipat kalikan 40 kali akan menjadi puluhan ribu kilometer tingginya.......dan ukuran lebarnya mencapai hmpir kota jogja

    BalasHapus
  4. tidak,

    karenA UKURAN ketinggian SEHELAI kertas setebal kuku jari, apabila di misalkan tebal kuku 1/2 mm jika di pangkatkan 40 kali lipat...maka ukuran sebanarnya tinggi rumah tersebut kurang lebih seluas kota jogja

    BalasHapus
  5. Sang putri tidak akan dapat dipersunting oleh sang raja. Kata "TIDAK" di sini menurut pendapat saya ada 2 kemungkinan, yaitu :

    1. Meskipun ahli bangunan tetapi jika ia bukan ahli matematika, mungkin ia dapat menyelesaikan rumah tersebut, tetapi meskipun selesai pasti hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sang putri.

    2. Jika ahli bangunan tersebut juga ahli dalam ilmu matematika, sebelum ia membangun rumah tersebut pasti ia sudah berfikir dan mungkin menyerah sebelum bertanding "tak mungkin saya dapat membangunnya, karena rumah yang diminta sang putri terlalu tinggi".

    BalasHapus
  6. mustahil, karena jika kita hitung dengan logika yang masuk akal maka tidak akan tercapai.

    BalasHapus
  7. Imposible think, jika raja itu mampu memenuhi permintaan sang puteri tersebut karena kalau dipikir secara logika matematika permintaan tersebut akan sulit untuk dipenuhi oleh seorang manusia, kalau dipikir sebenarnya puteri tersebut telah menolak lamaran sang raja secara halus.
    Tapi kalau kita kembali kepangkal jalan, Wallohua'lam, jika Dia menghendaki apapun bisa terjadi.

    BalasHapus
  8. mungkin saja. karena daerah kekuasaan sang raja sangat luas. jadi tak mustahil jika raja mampu memenuhi permintaan sang putri, meskipun bila di kalikan luasnya seluas kota yogya.

    BalasHapus
  9. tidak.....
    karena permintaan sang putri tersebut hanya mengada ada.,,untuk menolak suntinga sang raja..

    BalasHapus
  10. pasti raja dapat mempersunting putri tersebut, sederhana saja, ga perlu ngitung luas bangunan, tanah dan lain2, yang namanya raja mau mempersunting putri mana pun tinggal tunjuk saja. Trus yang namanya raja itu mempunyai kekuasaan penuh, jadi si putri juga segan untuk menolak lamaran raja hehehehe...

    BalasHapus
  11. Menurut saya sebelum menjawab pertanyaan, "Dapatkah Raja mempersunting Puteri Cantik?"
    sebaiknya kita hitung dulu luas rumah, jika ketebalan kuku dan kertas dikalikan. misal 0.2*0.2=0.04 dan 0.04*0.04 = ......(hasil perkalian tersebut selalu dikalikan lagi dengan bilangan yang sama sebanyak sampai 40x)
    maka hasil yang didapat akan membuat Raja tercengang dan berpikir ulang untuk menikahi sang Puteri, karena akan banyak materi yang digunakan.

    BalasHapus
  12. pak apa komentar - komentar diatas itu termasuk tugas Mk KKM UPY ????

    BalasHapus
  13. Pak Rus memang identik dengan putri putri cantik... hehe :P

    BalasHapus
  14. Terima kasih teman-teman. Memang benar raja tidak memenuhi permintaan sang puteri, karena kalau dihitung secara matematis ketinggiannya ada beberapa kilometer. Bangunan di Jakarta saja, andaikan tingkat 35 ketinggiannya paling-paling 35 x 4 m = 140 meter.
    Sekali lagi terima kasih kepada semua atas tanggapannya.

    BalasHapus